Cara Menyetel Kopling Motor Bebek

Cara Menyetel Kopling Motor Bebek - Kali ini saya akan memberikan tutorial tentang bagaimana cara menyetel kopling motor bebek. Walaupun sudah banyak yang tau bagaimana cara menyetel kopling motor bebek. Tapi apa salahnya kalau saya mengingatkan kembali cara meyetel kopling motor bebek, siapa tau diantara kalian ada yang lupa atau belum mengetahui sama sekali..

Terkadang kita merasa tidak nyaman dengan pijakan perseneling motor kita sendiri, kadang perseneling jarak mainnya pendek / sedikit dan ada juga yang terlalu dalam. Pasti diantara kalian ada yang berpikiran koplingnya sudah jelek atau sudah tipis. Jangan hawatir itu cuman stelan koplingnya saja yang harus kita ubah.



Sebenernya cara menyetel kopling motor bebek itu sangatlah mudah, tidak begitu sulit kita hanya perlu menyediakan dua peralatan, yaitu kunci ring 14 dan obeng min.


Untuk cara yang pertama kendorkan mur 14 terlebih dahulu


Cara Kedua kendorkan baud stelan ke arah kiri hingga habis / mentok


Untuk cara yang ketiga baru ketahap penyetelan putar baud stelan ke arah kanan 1/4 - 1/8 putaran obeng. 


Untuk tahap penyetelan jika anda terlalu banyak memutar baud kearah kanan maka dampaknya jarak main pijakan perseneling akan pendek/sedikit. Sbaliknya jika anda terlalu sedikit memutar baud stelan maka dampaknya jarak main pijakan perseneling akan dalam/tinggi.

Untuk tahap yang terahir bila mana stelan sudah pas sesuai dengn keinginan anda maka kencangkan kembali mur 14 dan menahan baud stelan menggunakan obeng min, yang bertujuan supaya stelannya tidak berubah lagi.


Nah itulah 4 tahap Cara Menyetel Kopling Motor Bebek. Untuk mengetes dan mengetahui sukses atau tidaknya menyetel kopling kita harus melakukan pengecekan. Caranya yang pertama posisikan motor anda berdiri lurus dengan menggunakan stanadar 2, kemudian hidupkan mesin, lalu injak dan tahan perseneling gigi jangan dilepaskan, kemudian gas hingga mencapai RPM tinggi. Bilamana pada saat di gas roda belakang diam berarti anda sukses menyetel kopling, dan bilamana roda belakang ikut berputar berarti anda gagal dan harus mencoba menyetel kembali.

Untuk itu sekian dari saya mengenai tutorial Cara Menyetel Kopling Motor Bebek, semoga bisa membantu dan bermanfaat bagi anda semuanya.
Dan jangan lupa kunjungi terus Eri Otomotif untuk mendapatkan ilmu otomotif lainnya.

Bilamana ada kata yang kurang dimengerti atau ada sedikit masukan dari anda silahkan komen saja di komenatar yang ada dibawah postingan.
TERIMAKASIH

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Menyetel Kopling Motor Bebek"

Post a Comment

Himbauan dalam berkomentar :

1. Dilarang menyampah di komentar.
2. Harus menjaga etika dan kesopanan dalam berkomentar.
3. Harap memberikan pendapat suka, kritik, saran atau komentar.
4. Dilarang memasang link aktif, karena demi kenyamanan kita bersama.

Terimakasih telah berkomentar yang Baik dan Bijaksana.