Cara Menyetel Celah Valve Mesin 4 Silinder

Cara Menyetel Celah Valve Mesin 4 Silinder - Penyetelan keregangan valve termasuk pada prosedur daftar tune-up, karena diperlukan untuk menjaga kinerja / performa mesin bensin 4 tak baik pada sepedah motor atau mobil. pada umumnya penyetelan valve mobil dan motor sama saja, cuman yang membedakannya hanya silinder nya saja.


Kali ini saya akan menerangkan bagaimana cara menyetel valve mobil. Sebelum ketahap penetelan kita harus mempersiapkan peralatan, diantaranya :
  1. Fuller ( untuk menetukan besar kecilnya celah )
  2. Konci Ring 19 ( tergantung baud pully mobil itu sendiri )
  3. Kunci Ring 12
  4. Obeng - / +
Tahap Penyetelan

Sebeleum menyetel sebaiknya kita harus menentukan TOP terlebih dahulu. Supaya penyetelan lebih cepat kita melakukan penyetelan di TOP 1 dan TOP 2.

Cara menentukan TOP 1
Putar pully crank sahaft / poros engkol menggunakan kunci ring 19 tadi, putar pully searah jarum jam, kemudian liat titik pada pully, kemudian titik pada pully tersebut harus sejajar dengan titik 0° yang ada pada tutup timing belt / timing chain. Bila mana sudah sejajar, buka kap cylinder head kemudian cek valve IN dan EX silinder 1 bilamana  pada saat ke-2 valve IN dan EX digoyangkan dalam keadaan bebas ( tidk tertekan sepatu klep ) berarti itu top 1.

Hasil gambar untuk menyetel valve mobil

Celah Valve IN  0.20 mm
Celah Valve EX 0.30 mm

TOP
Cylinder 1
Cylinder 2
Cylinder 3
Cylinder 4
Valve  EX
Valve      IN
Valve    IN
Valve  EX
Valve  EX
Valve  IN
Valve    IN
Valve  EX
S
S
S
T
S
T
T
T
Top 1









360°
T
T
T
S
T
S
S
S
Top 4

Liat tabel di atas pada TOP 1 yang di stel hanyalah silinder 1 valve IN dan EX,silinder 2 valve IN saja, kemudian silinder 3 valve EX saja. berarti yang lainnya jangan di stel.
Cara menyetelnya siapkan fuller ukuran 0.20 mm untuk menyetel valve in terlebih dahulu, kemudian longgarkan mur sepatu klep menggunakan kunci ring 12, kemudian masukan fuller kedalam celah antara klep dan sepatu kelep, kemudian putarkan baud sepatu kelep searah jarum jam perlahan hingga mendapatkan celah 0.20mm kemudian tahan baud tersebut dengan obeng, kemudian mur nya kencangkan lagi menggunakan kunci ring 12. dan yang selanjutnya. Untuk menetel valve EX caranya sama cuman ukuranya yang berbeda 0.30mm. 

Hasil gambar untuk menyetel valve mobil

Kemudian kalo udah selesai menyetel 4 valve di TOP 1, selanjutnya kita menyetel sisa valve yang belum di stel di lakukukan di TOP 4. Caranya sama dengan menyetel di TOP 1.

Menyetel valve di TOP 4
Pertama putar lagi pully poros engkol 360° searah jarum jam hingga titik pully berada di  titik  kemudian cek valve IN dan EX silinder 4 kalau dalam posisi bebas ( tidak tertekan ) berarti sudah berada dalam TOP 4.

Hasil gambar untuk menyetel valve mobil

cara menyetelnya sama dengan yang tadi TOP 1 cuman kebalikan dari TOP 1 kalau tadi dimulai dari silinder 1 kalau TOP 4 dimulai dari silinder 4. cara yang terakhir ini lebih mudah karena tinggal menyetel klep sisa tadi TOP 1 yang belum di stel. untuk lebih jelasnya lagi liat tabel diatas.

Hasil gambar untuk menyetel valve mobil

Nah gimana mudahkan Cara Menyetel Celah Valve Mesin 4 Silinder. mudah - mudahan tutorial dari saya ini bermanfaat.
bila mana anda kurang paham dan tutorial saya ini tidak dimengerti langsung saja anda komen di komentar yang ada di bawah postingan. bila info lebih lanjutnya lagi anda bisa langsun menghubungi saya liat saja kontak pribadi saya di My Contact yang ada di kategori. Dan jangan lupa kunjungi terus blog saya ini. 
TERIMAKASIH.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Menyetel Celah Valve Mesin 4 Silinder"

Post a Comment

Himbauan dalam berkomentar :

1. Dilarang menyampah di komentar.
2. Harus menjaga etika dan kesopanan dalam berkomentar.
3. Harap memberikan pendapat suka, kritik, saran atau komentar.
4. Dilarang memasang link aktif, karena demi kenyamanan kita bersama.

Terimakasih telah berkomentar yang Baik dan Bijaksana.